ads here

Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Blog

advertise here

1. Pilihlah tema yang sesuai 
Tema yang sesuai berarti tema tersebut Anda kuasai atau setidaknya telah di pelajari dan bersamaan dengan itu tema tersebut juga di butuhkan oleh orang banyak.

2. Pecahkan suatu masalah 
Orang yang mencari informasi untuk memecahkan masalah mereka, mereka mengetikkan suatu kata di search engine untuk mencari solusi dari masalah mereka. Bila Anda telah berkecimpung dalam suatu hal Anda tentunya bisa menentukan masalah-masalah yang akan dihadapi oleh banyak orang. Misalnya, Anda adalah seorang publisher adsense, saat pertama kali Anda menerima cek dari google Anda kesulitan mencairkan cek tersebut. Kesulitan ini adalah satu masalah yang sangat mungkin akan di temukan juga oleh orang lain. Pecahkan masalah tersebut dengan menuliskan di blog Anda tentang cara-cara yang telah Anda lakukan hingga cek tersebut bisa cair.

3. Fokuslah
Saat menentukan tema apa yang akan Anda angkat, usahakan fokus di tema tersebut, misalkan Anda memilih tema “make money from home” usahakan minimal 75% postingan Anda tetap berada dalam tema tersebut.

4. Menulislah sambil belajar 
Menulis sambil belajar adalah hal terbaik agar yang di pelajari cepat lengket di kepala, alangkah baiknya lagi jika tulisan itu dibaca orang lain.

5. Tentukan target pembaca blog Anda 
Dengan menentukan target pembaca, Anda akan mudah dalam menentukan topik-topik postingan yang akan di bahas.

6. Jangan copy-paste
Copas tentu saja tidak disukai baik oleh sipemilik tulisan asli, oleh search engine maupun pembaca, terutama yang sudah pernah membaca tulisan tersebut.

7. Mengalirlah 
Jika Anda sudah ngeblog, maka itu akan menjadi bagian dari hidup Anda. Tiap hari atau minimal seminggu sekali tentunya Anda akan mengisi postingan Anda. Oleh karena itu lakukan dengan ketulusan, jangan terburu-buru. Buatlah suasana ngeblog dengan nyaman. Ibaratkan Anda sedang berbicara langsung dengan pengunjung blog Anda. Dengan itu semua, kata-kata Anda akan mengalir terus dengan gaya bahasa yang santai yang lebih menyentuh ke hati pembaca Anda. Anda tidak akan pernah sulit lagi dalam menentukan kata-kata.

8. Pilihlah bahasa
Anda harus menentukan dari awal, apakah blog Anda akan ditulis dalam bahasa inggris atau bahasa Indonesia. Hal ini tentu akan berhubungan sekali dengan target pembaca Anda dan program moneytizing yang akan Anda gunakan. Bila Anda bisa, utamakan membuat blog dalam bahasa inggris. Hal ini mengingat ruang lingkup pembaca blog Anda akan lebih banyak dan tentu saja akan lebih banyak program moneytizing yang bisa Anda ikuti. Namun jika Anda berniat membuat blog dalam bahasa indonesia, hal ini juga sangat baik karena belakangan program-program monetisasi berbasis bahasa Indonesia mulai berkembang pesat.

9. Ajaklah orang lain untuk berkomentar di blog Anda dan aktiflah dalam menanggapi setiap komentar
Keaktifan Anda dalam menanggapi komentar akan membuat pengunjung merasa dihargai dan bisa jadi tanpa Anda mintapun mereka akan sering berkunjung ke blog Anda bahkan merekomendasikan blog Anda dengan memberi link dari blog si pengunjung tadi.

10. Pilihlah judul postingan yang menarik dann mewakili postingan
Judul postingan juga sangat mempengaruhi posisi blog Anda di search engine. Jadi, buatlah judul yang kira-kira akan diketikkan seseorang ketika mencari sesuatu di search engine.

11. Promosikan blog Anda dan lakukan teknik SEO sederhana.
Secara umum cara mempromosikan blog sama dengan mempromosikan jenis web lainnya.

Dengan begitu blog anda akan menjadi sebuah blog yang berkualitas dijamin 100% disukai search engine. 

Semoga bermanfaat ya ^_^
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()