ads here

Memaknai Sebuah Blog

advertise here
Berbicara tentang bagaimana kita memaknai sebuah blog, tidak ada salahnya kita menjadikan blog sebagai penghasil uang. hehehe ngarep ^_^, Blog merupakan singkatan dari web log = ngeblog (istilah orang indonesia untuk blogging). Oke kita kembali kepoint utama, bagaimana memaknai sebuah blog ?

Blog adalah web yang bersifat pribadi, lebih informal, dan terus di update setiap waktu, dengan postingan terbaru selalu berada dipaling teratas. Blog adalah jenis kegiatan diinternet yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Blog sangat ampuh sebagai ajang aktualisasi diri, bersosialisasi didunia maya, mempromosikan bisnis anda sampai menghasilkan uang. Bahkan tidak sedikit blogger yang meninggalkan pekerjaan intinya dan menjadi blogger full timer karena keyakinan blog telah terbukti telah menghasilkan uang lebih besar dari gaji mereka sendiri.

Tentunya istilah blogging For Money Bukan istilah asing lagi ditelinga kita. Bahkan hal yang hampir bisa dilakukan semua orang adalah bisnis jenis ini. Bagi anda yang inginn ngeblog untuk dapat uang, anda harus memahami analogi berikut ini: Ibarat sebuah blog itu adalah seekor kuda dan program-program penghasil uang yang ada diblog adalah kereta yang akan ditarik oleh kuda tersebut.

Pertama kita akan membahas kudanya terlebih dahulu. Blog yang baru, diibaratkan sebagai kuda yang baru lahir, ia butuh perawatan yang kontinu, syarat suatu blog dikatakan kuat adalah bila ia mempunyai postingan yang berkualitas, di update secara berkala, mempunyai posisi yang bagus di search engine ( page rangnya bagus), banyak pengunjung (follower dan orang yang mengikuti feed-nya), banyak orang yang memberi komentar dan kalau bisa telah menemukan niche atau brandingnya.

Ketika blog itu kuat dengan sendirinya ia akan bisa menjadikan program penghasil uang yang ditempel di blog tersebut berjalan dan menghasilkan pendapatan bagi anda. Analogi tersebut perlu ditekankan (terutama bagi pemula) supaya kita semua tidak terburu-buru dalam memonetisasi blog. Usahakan blog anda kuat terlebih dahulu, baru diberi “KERETA” Moneytizing. Pemahaman terhadap proses inipun tidak mudah berhenti bila dalam waktu satu bulan atau 6 bulan setelah ngeblog, tidak mendapat apa-apa. Mungkin blog kita masih kecil sehingga belum bisa menarik “KERETA” Moneytizing yang kita pasangkan padanya.

Kesalahan terbesar bagi blogger for money pemula adalah terlalu bernafsu untuk menghasilkan uang dalam waktu yang singkat. Setelah baru saja membuka blog ia langsung memposting sebanyakk mungkin artikel, memasang program setelah itu hanya duduk menunggu penghasilan datang. Blogging bukan seperti itu jika anda membayangkan blogging seperti itu, maka anda salah besar.

Blogging adalah suatu pekerjaan yang terus-menerus, namun tidak terikat waktu seorang blogger profesional yang sudah mempunya ribuan pengunjung setiap harinya masih harus meluangkan waktu 3 sampai 5 jam sehari untuk kegiatan di blognya. Baik itu mengisi postingan menanggapi komentar pengunjung sampai ngecek pendapatan program-program yang diikutinya. Namun tentu saja itu dilakukan dengan suka cita karena menurut mereka blogging itu memiliki kenikmatan tersendiri.

Blogger pemula haruslah memahami siklus sebuah blog sebelum terkenal. Di masa awal seorang blogger harus menjadi singel fighter terlebih dahulu. Tentu pada awalnya semua blog yang terkenal sekarang dulunya tidak terkenal. Penulis blog hanya duduk sendiri dan memulai postingannya dengan satu harapan, nanti blognya akan ramai dikunjungi. Satu postingan, dua postingan mungkin belum akan mendatangkan pengunjung. Setelah beberapa postingan ia mulai berinteraksi dengan tetangga-tetangga sesama blogger (terutama yang sudah banyak pengunjung), disana ia meninggalkan link blognya. Tidak lupa ia melakukan teknik-teknik SEO sederhana dengan harapan postingan blognya akan terindeks oleh Search Engine dan akan menambah traffik ke blognya.

Sejalan dengan itu ia terus membuat postingan yang berkualitas, ramah, penuh humor, dan santai, masalah yang sangat dibutuhkan oleh orang lain selalu dijadikannya bahan utama dalam postingannya. 1 bulan, 2 bulan, sampai 3 bulan pun berlalu ia tetap konsisten memposting artikel menimal satu kali sehari, menanggapi komentar pengunjung dan melakukan beberapa teknik-teknik SEO. Hasilnya pengunjung blognya semakin meningkat, mulai dari 10 orang perhari , 30 orang hingga pada bulan ketiga ia sudah memperoleh 500 kunjungan perhari. Setelah 3 bulan berlalu barulah terpikir olehnya untuk memonetisassi dan tentu saa hasilnya dapat anda bayangkan. Pendapatannya terus melonjak dan terus naik.

Cerita diatas adalah sebuah ilustrasi sederhana bagaimana perjalanan seorang blogger terkenal memulai karirnya. Namun bagi pemula siklus ini haruslah dipahami agar tidak frustasi, apalagi bagi mereka yang sangat Money Oriented. Baru seminggu ngeblog sudah mengeluh. “wah, kok earning saya tidak ada ya ? udahan ah ngeblognya ngabisin waktu saja... nggak dapat apa-apa”. Tentunya teman-teman blogger tidak ada yang berkata demikian karena kita sudah tahu bahwa blog itu adalah proses dan memang harus dinikmati.

Bagaimana teman-teman masih adakah diantara anda yang mengeluh ?, bersemangatlah dalam ngeblog, buatlah artikel yang berkualitas dan original, semoga bermanfaat ya ^_^
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()