ads here

Penemuan Virus Berbahaya Heartbleed Tahun 2014

advertise here

Penemuan Virus Berbahaya Heartbleed Tahun 2014

Penemuan Virus Berbahaya Heartbleed 2014 - Sebuah virus komputer yang bernama "Heartbleed" mengancam keamanan besar didunia Internet karena mengekspos data pada para peretas. Para ahli keamanan Internet mengingatkan tidak  banyak yang dapat dilakukan pengguna Internet untuk melindungi diri dari virus tersebut, setidaknya sampai laman-laman yang rentan meningkatkan keamanan perangkat lunak mereka.

Para peneliti telah mengamati kelompok-kelompok peretas canggih yang melakukan pemindaian otomatis di Internet untuk mencari server atau sistem komputer Web yang menjalankan program sandi Internet yang dikenal sebagai OpenSSL, yang membuat mereka rentan terhadap pencurian data, termasuk kata kunci, komunikasi rahasia dan nomor kartu kredit.

OpenSSL menggunakan sekitar dua pertiga server Web, namun masalah itu tidak terdeteksi selama sekitar dua tahun.

Perangkat lunak OpenSSL digunakan pada server yang menyimpan laman namun tidak pada komputer meja atau alat seluler bergerak, jadi meski virus itu mengungkap kata kunci atau password dan data lain yang dimasukkan dalam alat tersebut untuk para peretas, hal itu pasti diatasi oleh operator laman.

"Heartbleed" terdapat pada program enkripsi yang digunakan banyak situs. Lewat "Heartbleed", peretas bisa menembus jaringan komputer dan mencuri data, termasuk kata sandi. Situs-situs yang paling rentan adalah perusahaan-perusahaan besar berbasis Internet seperti Google dan Yahoo, atau peritel seperti Amazon.

Sumber : http://www.voaindonesia.com,http://www.republika.co.id
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()